Wisata Dalam Negri

5 Pulau Eksotis di Kepulauan Seribu

Indonesia adalah negara kepulauan yang tentu saja sangat kaya dengan pulau-pulau yang terbentang luas di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini penulis ingin sekali menyajikan pulau-pulau yang berada dekat dengan Ibukota Jakarta, yaitu beberapa pulau yang berada di kepulauan seribu. Sebenarnya pulau-pulau yang ada di kepulauan seribu tersebut sangat banyak tetapi ada beberapa pulau yang penulis rasa cukup eksotis dan indah karena telah di kunjungi, mari kita lihat beberapa pulau tersebut.

1. PULAU BIDADARI.

pulau bidadari kepulauan seribu
Pulau bidadari pesonanya tidak pernah habis, salah satu dari beberapa pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Untuk sampai ke objek wisata ini tidak memakan waktu lama dari Ibu Kota Jakarta karena hanya membutuhkan waktu 20 menit perjalanan menggunakan speed boat atau sekitar 15 kilometer saja.

Pulau Bidadari juga merupakan pulau yang paling dekat dengan Ibukota Jakarta di banding dengan pulau lain yang ada di Kepulauan Seribu. Di Pinggir Pulau Bidadari terdapat pasir putih yang menambah elok pemandangan dan eksotia di sisi pulau tersebut. Jika dilihat secara administratif maka pulau ini masuk di wilayah kelurahan Untung Jawa yang terletak di selatan Kepulauan Seribu.

Pulau Bidadari merupakan salah satu resort di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Sebelum bernama Pulau Bidadari, pulau ini memiliki dua nama yaitu Pulau Sakit dan Pulau Purmerend. Pulau Bidadari memiliki resort diatas laut yang terkenal sebagai cottage apung yang mirip dengan perkampungan nelayan. Ada juga cottage darat dengan model panggung ala rumah adat Minahasa dan juga model bukan panggung. Karena tempatnya yang tak jauh dari Ibukota Jakarta, banyak pengunjung yang hanya bersafari dalam sehari saja, dikarenakan tidak ada hotel di Pulau Bidadari tersebut.

Sejarah

Pada abad ke-17, pulau ini merupakan penunjang aktivitas Pulau Onrust karena letaknya yang tidak berjauhan dengannya. Karena menjadi penunjang, di pulau ini dibangun pula sarana-sarana penunjang. Pada tahun 1679, VOC membangun sebuah rumah sakit atau kusta yang merupakan pindahan dari Angke. Karena itulah, pulau ini sempat dinamakan Pulau Sakit. Saat bersamaan, Belanda mendirikan benteng pengawas. Benteng yang dibangun ini lebih berfungsi sebagai sarana pengawasan untuk melakukan pertahanan dari serangan musuh.

Sebelum pulau ini diduduki oleh Belanda, orang Ambon dan Belanda pernah tinggal di pulau ini. Sekitar tahun 1800 armada laut Britania Raya menyerang pulau ini dan menghancurkan bangunan di atas pulau ini. Sekitar tahun 1803 Belanda yang kembali menguasai Pulau Bidadari dan membangunnya kembali. Akan tetapi Britania kembali menyerang tahun 1806, Pulau Onrust dan Pulau Bidadari serta pulau lainnya hancur berantakan. Tahun 1827 pulau ini kembali dibangun oleh Belanda dengan melibatkan pekerja orang Tionghoa dan tahanan. Bangunan yang dibangun adalah asrama haji yang berfungsi hingga tahun1933.

Pulau ini sebelum menjadi resor sempat kosong dan tidak berpenghuni sampai dengan tahun 1970. Bahkan pulau ini tidak pernah dikunjungi orang. Pada awal tahun 1970-an, PT Seabreez mengelola pulau ini untuk dijadikan sebagai resor wisata. Semenjak tahun 1970 ini, untuk menarik pengunjung, pulau ini berganti nama menjadi Pulau Bidadari. Alasan pengambilan nama menjadi Pulau Bidadari diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan lainnya. Sumber : Wikipedia.

INFO.

pulau bidadari kepulauan seribu
Pulau Bidadari merupakan object wisata yang cocok di kunjungi bersama keluarga. Disini dikelilingi oleh pasir putih dan air laut biru yang jernih. Untuk berkeliling ke seluruh pulau hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 sampai  2 jam saja. Selama berkeliling maka anda dapat melihat bahwa pulau ini banyak ditumbuhi oleh hutan mangrove yang berisi tumbuhan atau tanaman langka yang dilindungi.

Di pantai anda juga bisa melakukan olah raga air seperti memancing, canoe, jet ski, dan banana boat. Namun, karena pantai ini dekat dengan Kota Jakarta maka tidak begitu cocok untuk melakukan snorkeling ataupun diving.

Di sekeliling pulau juga akan di temui masakan khas Kepulauan Seribu yaitu Seafood. Makanan seafood yang disajikan disini bermacam-macam seperti sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau, baby stingray dan lainnya yang merupakan hasil tangkapan atau pancingan nelayan di sekitar Pulau Bidadari sehingga masih sangat segar. Selain seafood ada juga masakan olahan lain seperti Mie Kuah, Mie Goreng, Nasi Goreng sampai Barbeque dll ada disini. Setelah kamu menikmati makanan di Pulau Bidadari, jika ingin membeli souvenir khas Pulau Bidadari, disini juga tersedia aneka macam souvenir dan cindramata yang di tawarkan oleh toko-toko untuk oleh-oleh atau untuk kenangan kamu pernah mengunjungi Pulau Bidadari yang elok ini.

2. PULAU PUTRI.

pulau putri kepulauan seribu
Salah satu wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan Pulau Bidadari adalah pulau Putri. Pulau yang di kelilingi dengan pepohonan yang rindang dan di tepian pulau terdapat pasir putih yang indah menambah suasana di pulau tersebut sangat nyaman untuk di kunjungi. Pulau Putri adalah salah satu pulau dari Kepulauan Seribu yang dikelola sebagai sebuah resor, resor ini sebagai salah satu resor di Indonesia yang memiliki wahana dunia bawah laut yang sangat jarang dan bahkan langka.

Untuk kegiatan wisata yang ada di Pulau Putri sangat beraneka ragam, pulau ini wisata utama dan yang menjadi andalannya adalah ”Underwater World” yang memiliki terowongan akuarium bawah laut. Pengunjung dapat langsung melihat macam-macam hewan laut. Di Pulau Putri juga tersedia fasilitas olahraga air seperti snorkeling, selam scuba, banana boat, kano, dan jet ski. Untuk mencapai lokasinya dapat di tempuh dari daratan jakarta marina ancol dengan mengunakan kendaraan air (kapal speeboat) kapal cepat dengan waktu tempuh 90 menit, suasana dan keindahannya tidak di pungkiri dan pada setiap akhir pekan, Pulau Putri selalu dibanjiri pengujung.

3. PULAU PARI

pulau pari kepulauan seribu
Dengan kapal cepat, Pulau Pari bisa ditempuh antara 1-1,5 jam dari Dermaga Marina Ancol atau dari Pelabuhan Kaliadem di Muara Angke, Jakarta Utara. Pulau ini relatif dekat dengan Pulau Rambut, Lancang, Tidung, dan Pulau Pramuka yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Seribu. Dari beberapa pulau itu, Pari bisa ditempuh kurang dari 30 menit. Pari menjadi salah satu titik singgah kapal-kapal cepat angkutan umum milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta yang melayani rute Muara Angke-Kepulauan Seribu dua kali sehari. Tiga objek yang menjadi andalan Pulau Pari adalah Pantai Perawan, Dermaga Bukit Matahari, dan Pantai Pasir Kresek. Ketiganya dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Pendapatan dari usaha pariwisata dikelola untuk pengembangan infrastruktur dan fasilitas wisata, kebersihan dan perawatan, serta pembiayaan kegiatan sosial masyarakat.

Selain pemandangan pantai berpasir putih dan air bening, pengunjung Pulau Pari ditawari paket keliling perkampungan dengan sepeda, menyelam di perairan dangkal (snorkeling), serta menjelajah perairan tepi dengan sampan atau kapal cepat. Seluruh paket wisata diselenggarakan oleh masyarakat sebagai penyedia jasa, mulai dari jasa penyewaan alat, pemandu, dan penginapan. Sumber: Wikipedia.

4. PULAU SEPA.

pulau sepa kepulauan seribu
Pulau Sepa mempunyai pantai dan ekosistem bawah laut yang indah. Pulau Sepa dapat di sebut juga Pulau Sepa Besar merupakan salah satu gugusan pulau di Kepulauan Seribu. Pulau ini dikelola oleh PT Sepa Paradise, dikenal sebagai pulau dengan pasir pantai berwarna putih, bibir pantai langsung menjorok ke tengah laut, dan pantai yang belum diblok oleh tanggul pencegah abrasi.

Julukan untuk pulau ini adalah "The Paradise for Diver in Jakarta". Pulau ini dijadikan tempat latihan menyelam bagi penyelam scuba pemula untuk mendapatkan sertifikat Open Water dari PADI (Professional Association of Diving Instructor). Pulau yang jaraknya sekitar dua jam dari Pantai Marina ini terkenal sebagai tempat ideal untuk berenang, menyelam, snorkeling, atau memancing. Di pulau ini tersedia fasilitas olahraga air dan penyewaan peralatan menyelam.Pulau Sepa merupakan pusat penangkaran penyu sisik. Pulau ini tidak mempunyai sumber air tawar. Air yang tersedia di kamar mandi cottage adalah air payau. Sumber: Wikipedia. 

5. PULAU BIRA.

pulau bira kepulauan seribu
Pulau Bira merupakan salah satu pulau yang patut di pertimbangkan oleh para traveller untuk dapat berwisata dan berkunjung ke pulau ini, karena tempatnya yang sangat indah dan eksotik. Dengan air laut yang sangat bening di tepi pulau dengan pasir putih yang membentang di sisi pulau membuat pulau ini menjadi salah satu tempat favorit untuk tujuan wisata.

Kealamian dan keindahan Pulau Bira tersebut dapat menjadi obat yang mujarab bagi mata dan hati karena sejauh mata memandang kamu akan melihat begitu beningnya air laut seakan kita dapat melihat langsung apa saja yang berada di dasar laut tersebut. Mungkin karena keindahan inilah yang menjadikan para pengunjung untuk berwisata dan datang kembali untuk menikmati keindahannya.

INFO.

Untuk mencapai Pulau Bira ini perjalanan kamu dapat di awali dengan menuju Pulau Bira Besar. Di Pulau Bira Besar terdapat dermaga yang memungkinkan sebuah kapal besar dapat bersandar disini, dikarenakan Pulau Bira Besar mempunyai fasilitas yang cukup dan memadai untuk dapat bersandarnya kapal besar di dermaga ini. Ada 2 pulau lainnya yaitu Pulau Bira Kecil dan Pulau Kayu Angin Birayang dapat terlihat dari dermaga stetalah kamu turun dari Pulau Bira Besar tersebut. Karenanya tidak hanya dermaga besar ini saja yang yang bisa menjadi tempat kapal besandar tetapi ada juga dermaga lainnya yang berada di belakang pulau yang menjadi tempat kapal-kapal yang ingin sekedar berkeliling maupun para wisatawan yang ingin menyelam di kedalaman laut sekitar Pulau Bira Besar tersebut.

Pada awalnya Pulau Bira merupakan sebuah pulau pribadi milik seseorang. Di dalam pulau tersebut dapat di temukan bekas resort yang kini terbengkalai dan tidak terawat. Ada lapangan golf yang kini menjadi padang ilalang kemudian di dalmnya juga ada kolam renang yang terlihat tidak sudah tidak terpakai lagi.

Kini Pemprov DKI menyediakan rumah-rumah kayu yang bisa di manfaatkan oleh kamu untuk menginap. Rumah-rumah tersebut memiliki 2 kamar tidur dan kamar mandi di dalamnya. Terlihat cukup mewah di tengah pulau yang tidak berpenghuni ini. Dengan ketenangan yang ada di Pulau Bira tersebut kamu dapat merefleksikan diri dari fikiran suntuk dan strees karena pekerjaan atau susana perkotaan yang padat. Traveller dapat menjelajahi pulau ini dimana di sepanjang bibir pantainya terhampar pasir putih yang lembut. Air lautnya yang berwarna hijau kebiruan yang jernih menambah pesona dari Pulau Bira itu sendiri. Dengan garis pantainya yang jauh dari laut, untuk dapat berenang di Pulau Bira ini menjadi aman dan nyaman.

Pulau Bira juga menawarkan kehidupan dan keindahan bawah laut yang sangat sayang sekali jika kamu lewatkan. Travelling dapat melakukan snorkeling maupun diving di pulau ini karena ada sejumlah titik penyelaman yang bisa di jelajahi dan tentunya memberikan pemandangan bawah laut yang begitu mengagumkan dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang warna warni. Pulau Bira mempunya spot yang baik untuk snorkling, berenang, diving dan kegiatan lain sesuai hobi kamu, jadi nikmati masa liburan kamu untuk mengunjungi pulai ini.

Pulau Bira juga kerap di singgahi sejumlah lumba-lumba dipagi hari yang tentunya semakin menambah daya tarik di pualu ini. Di malam hari pengunjung juga bisa menikmati suasana malam yang tenang dan sejuk untuk menunggu datangnya pagi.

Dari ke 5 pulau yang penulis anggap eksotis dan telah di kunjungi, penulis berharap traveller mendapatkan info untuk di jadikan salah satu pertimbangan bagi traveller di seluruh Indonesia untuk dapat juga menikmati keindahan pulau-pulau lain yang terdekat dengan tempat tinggal para traveller tetapi juga bagi para traveller di seluruh Indonesia yang jauh dari kepulauan seribu ini. oke Happy travelling ya.



About Fifi Damayanti

Mantan karyawan swasta, senang menulis, browsing, belajar sesuatu yang baru, wirausaha, shopping dan traveling. My Quotes is: "Another way to love your country is to go across your land and other ways to thank God is to enjoy all creation around the world".

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.