Wisata Luar Negri

Cameron Highlands Pegunungan Terindah Malaysia

cameron highlands malaysia

Wisata pengunung yang sejuk dan terindah di Malaysia dapat kita jumpai di Cameron Highlands. Dataran tinggi ini merupakatan bukit yang terluas di Malaysia. Bukan hanya terluas tetapi Cameron Highlands adalah tempat wisata tertua yang berada di Pegunungan Titiwangsa. Pegunungan Titiwangsa adalah jajaran pegunungan yang membentuk tulang punggung Semenanjung Malaya. Jajaran ini dimulai di utara di Thailand Selatan, membentang ke tenggara dan berakhir di selatan dekat Jelebu, Negeri Sembilan, Malaysia. Dengan titik tertingginya 2.183 m di Gunung Korbu, pegunungan ini menjadi batas alami, memisahkan Semenanjung Malaysia menjadi daerah pesisir timur dan barat. Beberapa tujuan wisata terkenal di Malaysia seperti Cameron Highlands terletak di pegunungan ini.

Cameron Highlands.

Pegunungan ini mempunyai luas 712 kilometer persegi, inilah sebabnya yang membuat dataran tinggi Cameron Highlands adalah wisata terluas di Malaysia. Cameron Highlands terletak di ujung barat laut dari Pahang,  "Camerons" adalah sekitar 90 kilometer (56 mil) dari Ipoh, sekitar 200 kilometer (120 mil) dari Kuala Lumpur atau sekitar 355 kilometer (221 mil) dari Kuantan, ibukota Pahang.

SEJARAH.

Ditemukan oleh Sir William Cameron pada 1885, pos yang terdiri dari tiga kecamatan, yaitu Ringlet (5165 hektar), Tanah Rata (2.081 hektar) dan Ulu Telom (63.981 hektar). Semua terletak pada ketinggian mulai dari 1.100 meter (3.600 kaki) sampai 1.600 meter (5.200 kaki) di atas permukaan laut.Suhu rata-rata tahunan adalah sekitar 18° C (64° F). Pada siang hari, suhu jarang naik lebih dari 25° C (77 ° F); di malam hari, itu bisa drop ke level 9 ° C (48 ° F) pada jangkauan yang lebih tinggi.  Jadi bisa kita bayangkan betapa dinginnya tempat tersebut di malam hari.
Dikembangkan pada 1930-an, dataran tinggi ini adalah salah satu tempat wisata tertua di Malaysia. Terlepas dari perkebunan teh yang, dataran tinggi juga terkenal karena cuaca dingin, kebun, pembibitan, lahan pertanian, air terjun, sungai, danau, satwa liar, hutan berlumut, lapangan golf, hotel, tempat ibadah, bungalow, Land Rovers, museum dan yang pribumi (Orang Asli).
Sumber: Wikipedia.


INFO.

Jalan menuju Cameron Highlands terbilang bagus sehingga mudah diakses oleh bus, mobil, mini van, dan taksi. Selama perjalanan menuju lokasi ini, Anda bisa melihat pemandangan hijau yang indah.

Di sini juga terdapat Time Tunnel Gallery yang menampilkan sejarah perkembangan masyarakat Cameron. Salah satu lokasi yang terkenal di sini adalah Gunung Brinchang dan Tanah Rata. Gunung Brinchang menawarkan pemandangan dataran tinggi yang sangat menyegarkan mata. Sedangkan Mossy Forest menawarkan jungle track dimana Anda bisa menikmati sensasi menjelajah ekosistem hutan dengan pemandangan air terjun yang indah.

Sebagai produsen utama teh dan bunga dari negara Malaysia, Cameron Highlands memiliki banyak perkebunan teh dan kebun bunga, terdapat juga kebun sayur, kebun buah, kebun kupu-kupu, dan peternakan madu yang dapat diakses oleh para wisatawan. Di sini juga terdapat lapangan golf bagi para pecinta permainan golf.

Jika para traveller ingin berwisata ke Cameron Highlands perjalan di awali dengan menuju Bandara Udara Internasional Malaysia (KL International Airport) kemudian menuju Pahang Malaysia menggunakan kendaraan menuju ke Utara sepanjang 249 km dengan lama perjalanan 3,5 Jam tanpa kemacetan.  

Untuk budget penginapan / hotel dibawah 500 ribu adalah, Hotel Sei Malaysia Genting Highlands, Hotel Shahzan Inn Kuantan, De La Hotel, Gerard's Place. Untuk budget di bawah 200 ribu kamu bisa memilih hostel bernama De'Native Guest House Hostel. Untuk budget diatas 1 juta per malam kamu bisa memilih Swiss Garden Resort Residance & Strawberry Park Resort.

Sampai disini semoga menjadikan rekomendasi untuk dapat menjadi destinasi wisata kamu ke pegunungan di Malaysia tanpa ragu. Happy traveling.




About Fifi Damayanti

Mantan karyawan swasta, senang menulis, browsing, belajar sesuatu yang baru, wirausaha, shopping dan traveling. My Quotes is: "Another way to love your country is to go across your land and other ways to thank God is to enjoy all creation around the world".

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.