Traveler

Barang traveling yang sering lupa dibawa

barang traveller
Saat liburan bagi sebagian orang adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Untuk menunggu momen liburan tersebut biasanya hari-hari mununggu waktu keberangkatan terasa lama berjalan. Disaat-saat itu yang ingin pergi berlibur menyiapkan barang-barang apa saja untuk dibawa saat liburan. Sambil menunggu hari-hari tersebut sambil mengingat-ngingat apakah barang yang akan dibawa sudah lengkap di dalam tas atau travel bag. Untuk berpergian liburan dan berwisata hanya di dalam negri mungkin tidaklah terlalu sulit untuk memilih barang-barang yang akan dibawa. Tetapi lain halnya jika ingin berwisata keluar negri, persiapan liburan akan lebih lama difikirkan agar tidak ada barang yang tertinggal.

Barang traveling yang sering lupa dibawa

Walau terasa barang-barang yang di bawa sudah terasa lengkap tetapi ada barang yang terlupakan untuk dibawa khususnya jika berwisata keluar negri. Selain barang-barang standar seperti baju, celana, sepatu, sandal, pakaian dalam, peralatan mandi, camera, handphone charger, dll. sepertinya sudah terlihat lengkap dan sempurna. Tetapi untuk wisata ke luar negri ada satu alat atau barang traveling yang sering lupa dibawa yaitu Universal Travel Adapter.

Apa sebenarnya Universal Travel Adapter ini? kamu mungkin tidak akan ketinggalan Kamera, Handphone, Charger atau bahkan Laptop beserta batrenya. Tetapi jika kamu bawa itu semua tapi saat kamu memiliki kamera batrainya lemah (low battery) kemudian batrai Handphone kamu juga lemah (low battery), kamu pasti charger batrai tersebut dengan alat charger yang kamu bawa. Tetapi saat kamu ingin mencolokkan charger tersebut kamu akan heran dengan saklar (stop kontak) di tempat kamu menginap terlihat lubang saklar berbeda bentuknya seperti yang ada di kamar atau rumah kamu. Disinilah Universal Travel Adapter ini berfungsi yaitu alat konverter atau alat yang dapat menyesuaikan daya listrik charger kamu agar dapat di sesuaikan dengan daya listrik yang ada di sebuah negara.

Beberapa negara memilki daya listrik (voltase) berbeda dengan daya listrik di negara atau rumah kita. Jadi tidak ada salahnya bukan untuk membawa alat tersebut agar semua charger yang kamu bawa dapat berfungsi di negara tersebut. Agar kamu lebih memahami apa yang saya maksud, mari lihat beberapa contoh gambar saklar dibawah dimana disetiap negara ada yang berbeda.
saklar dibeberapa negara
Dari gambar diatas coba cocokkan colokan charger kamu dengan negara yang ingin kamu kunjungi. Jika colokan charger kamu tidak sesuai dengan colokan charger yang ada di negara tersebut alahkah lebih baik kamu membawa alat universal travel adapter tersebut, agar kamu tidak kesulitan nanti disaat batrai kamu lemah (low battery) disaat liburan. Bagi traveller yang hobi berfoto atau merekam momen melalui video, kamu pasti tidak akan mau kehilangan momen tersebut hanya karena batrei camera atau handphone kamu lemah (low battery).

Sebelum kamu mengetahui lebih lanjut alat-alat atau bentuk universal travel adapter ini mari saya jelaskan sedikit akan perbedaan tegangan listrik antara negara Indonesia dengan beberapa negara lain di luar Indonesia.

Frekuensi AC jaringan umum (misalnya PLN) di Indonesia 55 Hz, di negera lain ada yang tidak 55 Hz, misalnya 60 Hz. Tegangan jaringan umum AC di Indonesia dulu 110 volt, kini 220 volt, di negera lain masih ada yang berbeda, masih memanfaatkan 110 atau lebih tinggi dari 220.

Perbedaan tegangan kerja alat listrik/Elektronik harap diperhatikan jika kita membawa peralatan listrik/elektronik ke luar negeri atau sebaliknya agar alat yang kita bawa dapat bekerja dengan baik dan aman. Ada peralatan yang dilengkapi dengan pemindah tegangan kerja, namun ada yang tidak dilengkapi. Bagi yang tidak dilengkapi pemindah tegangan kerja, seharusnya tegangan kerja dapat disesuaikan dengan transformator perubah tegangan. 


Perbedaan frekwensi AC harus diubah dengan peralatan khusus, namun tidak terlalu "mengganggu" jika tidak sama frekwensinya (Misalnya 60 Hz dengan 55Hz atau 55Hz dengan 50 Hz ) kecuali pada alat-alat presisi (misalnya alat-alat ukur listrik). Motor listrik induksi juga terpengaruh oleh perbedaan frekwensi AC yang digunakan. 


Sekarang mari kita lihat seperti apa contoh barang atau alat universal travel adapterini. Kamu dapat melihat contoh alat tersebut seperti gambar dibawah:
universal travel adapter
Contoh gambar diatas adalah salah satu dari beberapa alat universal travel adapter yang bisa kamu pilih sesuai bentuk dan harga yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Menurut saya, tentunya alat tersebut sangat penting untuk kamu bawa saat liburan ke luar negri karena kamu tidak akan pernah mau kehilangan momen indah liburan kamu disebabkan batrai kamu lemah.

Sampai disini dulu info traveller dari saya semoga bermanfaat untuk kamu-kamu yang sedang memepersiapkan liburan kamu ke luar negri. Happy traveling.



About Fifi Damayanti

Mantan karyawan swasta, senang menulis, browsing, belajar sesuatu yang baru, wirausaha, shopping dan traveling. My Quotes is: "Another way to love your country is to go across your land and other ways to thank God is to enjoy all creation around the world".

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.