Life Style

Cara Menemukan Bakat Terpendam yang Kamu Miliki

cara menemukan bakat terpendam
Sesuatu yang paling dekat dengan diri kita tetapi kadang sulit di ketahui dan di temukan adalah bakat. Bagi sebagian orang yang telah menemukan bakatnya bahkan bakat tersebut bisa mendatangkan penghasilan, hal ini sangatlah penting untuk mereka. Kadang ada orang yang baru menemukan bakat hebatnya disaat telah dewasa. Tetapi banyak juga yang mengetahui bakatknya saat masih belia dan alangkah lebih baik jika mengetahui bakat tersembunyi tersebut disaat usia masih muda.

Di masa tersebut akan banyak waktu untuk bisa mengasah bakat tersebut menjadi sesuatu yang berguna dan nantinya bisa diandalkan saat dewasa / tua nanti. Dengan adanya artikel singkat ini diharapkan bakat-bakat tersembunyi didalam diri kita akan seketika muncul dan dapat terus digali dan di asah ke arah yang lebih baik. Ada beberapa cara untuk menemukan bakat terpendam yang musti dilakukan dan wajib dilakukan oleh setiap orang.

1. Mencoba sesuatu yang baru.

Apa untungnya mencoba hal-hal baru jika hobi dan bakat kita sudah di temukan. Saya disini adalah orang yang percaya bahwa setiap orang memiliki bakat dan hobi lebih dari satu. Kadang bakat awal yang pernah kita miliki dengan berjalannya waktu bakat tersebut bisa semakin menurun kualitasnya bahkan kita lupakan jika menyangkut gaya hidup dan kebutuhan.

Dengan mencoba sesuatu yang baru kita akan banyak memilki perbendaharaan bakat. Kemudian dari beberapa bakat tersebut nantinya dipilih mana yang bisa kita andalkan untuk menunjang karir atau menjadikannya lebih bermanfaat untuk mendatangkan sumber penghasilan baru. Kamu tidak akan pernah mengetahui bahwa kamu sebenarnya orang yang pandai memasak jika kamu tidak mencoba untuk memasak.

Kamu tidak akan pernah mengetahui bahwa kamu hebat melukis jika kamu tidak mencoba untuk melukis. Masih banyak lagi hal-hal lain yang musti kamu coba satu persatu sesuai dengan minat dan hobi kamu agar kamu dapat menemukan bakat sejati yang ada di dalam diri kamu. Kamu tidak akan pernah mengetahui kamu adalah orang yang hebat membuat kursi dan meja dengan design yang keren jika kamu tidak mencoba membuatnya.

Dari ketiga contoh bakat diatas yaitu bakat memasak, bakat melukis & bakat membuat furniture meja & kursi, apakah tidak bisa di miliki hanya oleh satu orang saja. Jawabanya tentu saja bisa. Satu orang dengan memiliki banyak bakat tersebut di sebut Multi Talenta (Orang yang memiliki banyak bakat) dan pada dasarnya semua orang / setiap individu adalah Multi Talenta.

Saya pernah bertemu dengan seorang ibu-ibu kira-kira berumur 40-an tahun dan beliau pernah menceritakan pengalaman di masa mudanya. Cerita tersebut membuat saya agak terkejut karena awalnya sepengetahuan saya beliau adalah seorang yang lembut dan berprofesi sebagai bintang iklan & sinetron. Ketika menceritakan dimasa mudanya dia pernah menjuarai beberapa kejuaraan balap motor & memilki penghasilan yang besar saat itu, hal ini sangat bertolak belakang dengan figur yang saya kenal saat ini.

Disini membuktikan bahwa bakat terpendamnya saat ini adalah sebagai bintang iklan dan cukup baik dalam setiap perannya di layar kaya. Saya juga pernah bertemu dengan seorang bapak-bapak usia sekitar 50 tahun. Dulu saya mengenalnya sebagai koordinator montir mobil disebuah bengkel di wilayah jakarta. Saat menjadi kepala montir tersebut beliau juga aktif mengembangkan budidaya ikan di pekarangan rumahnya di daerah bogor sampai tiba saatnya beliau berhasil menjadi pemasok ikan segar di beberapa restoran besar di seluruh wilayah indonesia.

Hal ini sangat bertolak belakang dengan profesi sebelumnya. Jadi disini bakat terpendam bapak tersebut adalah keahliannya membudidayakan ikan yang akhirnya menjadi bermanfaat untuk menunjang penghasilannya. Mencoba hal baru tidak akan pernah salah sejauh tekat dan usaha yang dilakukan konsisten dan pantang menyerah. Karena kita tidak akan pernah mengetahui bakat dan keahlian kita jika kita tidak memulai untuk mencoba sesuatu yang baru tersebut.
Lebih baik kehilangan waktu karena mencoba sesuatu yang baru ketika mencari bakat dibandingkan kehilangan waktu hanya untuk memikirkan dan berharap bakat itu muncul dengan sendirinya. Riri.

2. Luangkan waktu khusus.

Bagi sebagian orang waktu itu sangat berharga dan kadang sulit untuk membaginya. Waktu yang kita miliki dalam 1 hari  yaitu 24 jam tetapi waktu efektif dalam sehari tersebut yang bisa kita maksimalkan untuk berkarya hanyalah sedikit. Seorang yang berprofesi sebagai karyawan bekerja dari pagi sampai sore menghabisakan waktu minimal 8-10 jam kerja. Ada yang setelah pulang kerja melanjutkan aktifitas dengan bersosialisasi dengan teman. Ada juga yang memanfaatkan waktu luang setelah pulang kerja untuk melakukan aktifitas dalam rangka mencari bakat atau bidang lain sesuai dengan minat dan bakatnya.

Dari keduanya hal tersebut tidak ada yang salah selama aktifitas tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memancing intuisi kita untuk mengetahui potensi dan bakat lain yang terpendam. Intuisi adalah kemampuan untuk memperoleh pengetahuan tanpa sadar. Jika intuisi tersebut kita pahami secara mendalam jadi hal yang musti kita lakukan adalah meluangkan waktu khusus dan langsung mempraktekkannya terus menerus supaya muncul pengetahuan baru untuk diri kita tanpa kita sadari.

Setelah mendapatkan pengetahuan baru tersebut disini saatnya kita harus tersadar adanya bakat baru yang terpendam itu akan terlihat. Saya sendiri pernah mempraktekkan hal tersebut bahkan lebih ekstrim lagi. Saya berkomitmen dalam diri saya sendiri untuk meluangkan waktu selama 1 tahun untuk mengetahui bakat apa saja yang saya miliki. Saat masih menjadi sorang karyawan, saat itu tidak memilki waktu yang cukup dalam sehari untuk mempraktekkan bakat terpendam tersebut. Tetapi saya paksakan untuk meluangkan waktu khusus selama 2 jam dalam sehari secara terus menerus untuk mencari bakat terpendam tersebut.

Ternyata tidak begitu sulit untuk melakukan hal-hal yang belum pernah kita coba sebelumnya. Kira-kira tidak sampai 1 tahun dalam 100 percobaan yang saya lakukan dalam membuat sesuatu hampir 90% gagal. Pada akhirnya saya hanya mendapatkan 10% atau 10 bakat yang terlihat dan bisa saya andalkan. Saya disini tidak mengarahkan / menganjurkan kamu hanya memperoleh 10 bakat tersebut, saya lebih senang jika kamu bisa mempunyai lebih dari 10 bakat / potensi di dalam diri kamu.

Metode awal praktek pencarian bakat yang saya gunakan pertama kali adalah Trial & Error ( Coba, Gagal, Coba Lagi ) kemudian mendapatkan beberapa pengetahuan baru buat saya dan saya catat dan kembangkan yang akhirnya saya sadari bahwa metode yang saya gunakan adalah metode Empiris. Buat saya metode empiris ini sangat membantu saya dalam menggali bakat terpendam ini.

Metode Empiris adalah informasi yang diperoleh melalui observasi atau ekperimen dan selalu dicatat. Jangan berfikir terlalu jauh dulu mengenai metode apa yang nanti akan digunakan karena praktek yang dilakukan untuk diri sendiri haruslah lebih pas dengan keinginan kita tanpa membebani dari mana harus mengawali langkahnya.

Bagi sebagian orang mungkin saja setiap percobaan / praktek yang dilakukan bisa langsung berhasil dan dapat mengetahui lebih banyak bakat-bakat terpendam dalam waktu yang lebih singkat. Disini saya hanya ingin mengarahkan kamu dan berbagi pengalaman untuk mencoba sesegera mungkin menggali potensi yang kamu miliki dengan meluangkan waktu khusus & berkonsentrasi dalam melakukannya.
Jika kamu bisa menirukan suara kicau burung dengan mulutmu, nantinya kamu akan bisa membuat alat untuk menirukan kicau burung tanpa mulutmu. Riri

3. Banyak membaca dan bertanya.

Apa sebenarnya yang harus di baca, Apakah hanya buku-buku pelajaran sekolah / kuliah  saja yang harus di baca atau buku yang bersifat umum? Jawaban keduanya adalah benar. Sejauh bacaan tersebut memenuhi rasa haus kamu akan ilmu pengetahuan untuk menggali minat dan bakat kamu kedepannya.

Untuk mencapai sesuatu yang maksimal untuk mendapatkan bakat atau potensi yang terpendam dalam diri kamu saya akan mengajak kamu berimajinasi sedikit tentang manfaat membaca & bertanya tersebut. Beberapa tahun yang lalu saya memilki teman yang gemar sekali membaca buku-buku tentang game / pemainan. Karena berteman cukup lama saat itu saya meledek teman saya tersebut karena dia lebih banyak membaca buku game dari pada memainkan langsung game tersebut. Entah dari mana buku game tersebut didapat karena game tersebut berbahasa inggris dan terlihat cukup mahal.

Selain membaca buku tersebut dia juga sering sekali bertanya kepada teman kami yang lebih dewasa dan bahkan mereka berdiskusi mengenai hal tersebut. Sampai tiba akhirnya saya dan dia bermain game yang sama melalui media komputer. Game tersebut adalah sebuah game tentang simulasi pesawat terbang dan kita diajak seolah menjadi seorang pilot sungguhan untuk dapat mengendalikan pesawat dengan menentukan keberangkatan dan kedatangan ( Departure / Arrival ). Saat itu pesawat yang saya kendalikan selalu jatuh entah karena apa? Tetapi teman saya dengan mulus dapat mengendalikannya dan mencapai tujuan pendaratan.

Baca juga :


Dari cerita nyata diatas saya anggap dia lebih menguasai teori dan menjadi lebih baik dalam mempraktekkan game tersebut. Saat ini dia sudah menjadi seorang pilot sungguhan di salah satu perusahaan maskapai di Indonesia. Keseriusannya dalam memahami sebuah game memiliki tujuan yang lebih jauh untuk mendapatkan karirnya tersebut. Disini saya tidak menyarankan harus selalu membaca buku-buku yang mahal itu, sebenaranya banyak buku-buku berkualitas dari dalam negri yang memilki kualitas yang sangat baik dalam penyajiannya.

Selain membaca melalui buku-buku, ada juga media internet yang cukup mudah di akses yang dapat membantu kamu memperoleh informasi melalui sajian artikel di web / blog yang bisa kamu pilih sesuai dengan cara berfikir dan minat membaca kamu.

Dari pemaparan aritkel yang saya sajikan diatas jika kamu telah membaca sejauh ini artinya kamu tertarik & berminat menggali lebih jauh bakat-bakat terpendam kamu dan saya cukup senang jika mengetahui hal tersebut. Dari ketiga poin yang saya sajikan semoga dapat memancing & membantu kamu untuk segera tersadar dan menggali lebih baik lagi potensi yang kamu miliki.

Jika kamu sudah menemukan bakat terpendam kamu tersebut jangan ragu & mampirlah kembali ke artikel ini dengan berkomentar dan memeberitahukan saya melalui kolom komentar bakat apa saja yang kamu temukan tersebut. Akhir kata semoga poin-poin diatas dapat membantu kamu ke arah yang lebih baik.

Keep Trying!

 


About Mas Riri

Mulailah dari sesuatu yang kecil, terus menerus & serius melakukannnya karena keseriusan dan pantang menyerah adalah kombinasi yang sempurna untuk mencapai sebuah keinginan. My Quotes : "Make your shortcomings become a strong suit in the future."  Mas Riri.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.