Bencana Alam

Gempa bumi tektonik Aceh 6,5SR - Hari rabu 7 desember 2016

Gempa bumi tektonik aceh 6,5 SR 7 desember 2016
Gempa yang menguncang Aceh pada hari Rabu, 7 Desember 2016 pada pukul 05:03:36 WIB dini hari dan dirasakan sangat kuat di Kabupaten Pidie Jaya dan Bireun. Gempa yang berkekuatan 6,5 SR ini membuat beberapa bangunan di daerah seperti Pidie Jaya. Gempa tersebut berpusat pada 6,5:Magnitudo, 5,25:Lintang Utara,  96.24:Bujur Timur, pada kedalaman 15 km. Gempa tersebut dapat dirasakan sampai kab Pidie Jaya hingga berjarak 18 km.

Hampir seluruh wilyah di Aceh turut merasakan gempa tersebut. Menurut BMKG, melalui teknologi yang dimiliki yaitu Prekusor untuk mengetahui terjadinya gempa tetapi tidak dapat menentukan dengan tepat terjadinya gempa tersebut. Selain itu adanya teknologi Peta Sismik yang mampu menandai beberapa luasnya getaran tersebut akan dirasakan. Gempa yang terjadi tersebut termasuk gempa darat. Gempa tersebut termasuk gempa Tektonik dan tidak menimbulkan Tsunami oleh karena itu diharapkan warga aceh tetap tenang dan tidak termakan isu akan adanya tsunami yang tidak bertanggung jawab.

An earthquake with magnitude 6.5 occurred 19km
(This event has been reviewed by a seismologist.)

Gempa susulan terjadi pada pukul 10:20 WIB tetapi tidak terlalu kuat guncangannya. Gempa susulan terebut cukup kecil kekuatannya hanya 4,8 SR dan tidak berpotensi membahayakan dan menimpulkan robohnya bangunan. Menurut BMKG berdasarkan pengalaman gempa susulan tersebut tidak berpotensi akan lebih besar lagi tetapi beberapa warga masih belum berani kembali kerumah mereka dikarenakan adanya beberapa gempa susulan yang terjadi dan evakuasi masih terus dilakukan.

Letkol usikusik - Dandim Pidie Jaya, mengatakan ;
Alat berat di Pidie jaya ada 8 unit untuk menangani reruntuhan bangunan yang diperkirakan masih ada korban yang berada didalam reruntuhan bangunan tersebut. Pada pukul 10.30 warga selamat di kumpulkan dibeberapa masjid dan ada beberapa orang yang sudah kembali kerumah masing-masing.

Marsdya PHB Soelistio - KABASARNAS, mengatakan:
Sampai pukul 10:59 WIB, Efakuasi sampai saat ini masih dilakukan. Tim SAR gabungan diterjunkan ke lokasi untuk mempercepat pencarian korban. Dengan metode yang dimiliki BASARNAS dengan bantuan anjing pelacak dan Detector juga membantu dalam pencarian korban yang masih berada didalam reruntuhan bangunan.

Tim yang diterjunkan sebanyak 2 TIM dari Medan menuju Pidie Jaya. Selain itu ada TNI dan Polri yang membantu yang sudah berada didaerah Pidie Jaya untuk melakukan evakuasi dimana yang mengalami kerusakan terparah dalam merasakan gempa ini.

Berikut beberapa Info korban data sementara;
- Korban luka ringan ada 32 orang di Puskesmas Bantar dua kab Pidie.  
- Korban meninggal dunia sementara ada 25 orang 
- Korban Luka berat 25 orang.
Jumlahnya masih akan terus bertambah sesuai dengan data evakuasi yang masih dilakukan.

Berikut beberapa data sementara kerugian yang terjadi;

KAB PIDIE JAYA, ACEH
- 10 unit ruko runtuh.
- 2 unit masjid runtuh.
- 4 unit rumah semi permanen runtuh.
- Beberapa tiang listrik roboh.
- Beberapa jalan mengalami retakan.

KAB BIUREN, ACEH
- 2 unit rumah runtuh
- 1 unit masjid runtuh.
- Beberapa jalan mengalami retakan.



About Ben iPages

News & Media Info Terkini, Share & Fun, Teknologi, Tekno Trik, Fashion, Life Style, Freebies, Traveler, Wisata Dalam & Luar Negri, Tutorial, Smartphone, Android, Iphone, Aplikasi, Software, Shopping Online, Template, E-Book, Fotografi, Video, Musik, Startup, Website, Grapich Design, Template & Download Gratis.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.