Life Style

Cara Jitu Meningkatkan Kualitas Otak Kita

Pada dasarnya tidak ada orang yang bodah, hanya saja ada beberapa orang yang cendrung malas dan takut untuk mencoba sesuatu yang baru yang difikir dapat merepotkan dirinya. Sangat disayangkan jika ini terjadi oleh anak-anak atau remaja seperti ini yang kemudian pada akhirnya tertinggal dari teman-temannya yang lain. Untuk remaja seperti ini kadang mempunyai beberapa alasan sendiri untuk mengelak jika ditanya mengapa tidak berprestasi dan cendrung pasif.

Masa muda adalah masa paling indah asalkan dapat membaginya antara waktu untuk bersenang-senang dan waktu untuk mengejar impian. 
perencanaan pengorganisasian pengendalian
Perencanaan, Pengorganisasian, Pengendalian. Designed by Peoplecreations /Freepik

Sangat disayangkan jika waktu muda hanya dihabiskan untuk sesuatu yang kurang bermanfaat sedangkan remaja lain diluar sana ada yang sibuk mempersiapkan dan menata diri meningkatkan kemampuannya agar lebih berkembang untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya.

Untuk bisa berhasil membagi waktu senang-senang dan mengejar impian sebenarnya cukup mudah solusinya. Dengan mengedepankan kedisiplinan dan konsisten terhadap diri sendiri dalam membagi jumlah waktu tersebut. Waktu 24 jam harus dibagi-bagi untuk pelatihan, tujuan hidup, kesenangan, beribadah dan istirahat. Tetapi ini bisa gagal dilakukan jika dalam diri tidak ada kedisiplinan dan konsistensi waktu yang sudah dibagi tersebut.

Mengapa kami perlu menyampaikan dan membahasnya untuk remaja saat ini?

Pada bulan oktober 2016 website ini dikunjungi oleh rata-rata pengunjung berumur 25 - 34 dan 35 - 44 tahun. Tetapi di tahun 2017 dari bulan januari hingga april terjadi perubahan jumlah pengunjung dimana yang berumur 16 - 24 tahun menjadi  lebih dominan. Disamping itu kami juga melakukan analisa melalui beberapa sumber untuk kecendrungan aktifitas remaja yang membentuk sifat dan karakter remaja saat ini dengan beberapa data survey yang kami cermati. Disinilah kesempatan kami dapat berkontribusi untuk membantu pembaca yang ingin mengetahui bagaimana agar bisa lebih fokus untuk tujuan hidupnya.

Meningkatkan kualitas otak ini bersifat umum karena dapat dipastikan bisa digunakan untuk remaja dan juga yang sudah berumur. Meskipun setiap orang sepanjang hidupnya dapat menghasilkan #Neuron baru dalam otak bukan berarti dengan bertambahnya umur otak kita tidak berubah. Kadang umur dapat mempengaruhi daya ingat yang mulai lambat dan jika dibiarkan bisa mengganggu kesehatan.

Antara umur 20 sampai 80 tahun otak kehilangan lima sampai sepuluh persen dari beratnya. Tetapi faktor usia bukanlah satu-satunya penyumbang dari penyebab penyusutan kualitas otak. Gaya hidup adalah salah satu faktor utama penyumbang yang menjadikan kualitas otak dapat meningkat atau sebaliknya dapat menyusut lebih cepat.

otak kusut akibat gaya hidup
Illustrasi penyusutan kualitas otak. Designed by jannoon028 /Freepik

Kebiasaan buruk yang bisa memicu perubahan otak juga bisa karena pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga ditambah lagi kebiasaan buruk lainnya seperti gemar mengkonsumsi minuman keras dan merokok berlebihan dapat mempercepat penyusutan otak sebelum waktunya. Beberapa penelitian menyatakan penyakit diabetes juga dapat mepercepat penurunan kerja otak, itu benar adanya karena kembali lagi penyakit diabetes tersebut bisa terjadi dikarenakan gaya hidup Anda yang salah sebelumnya.

Sebaiknya ketahui terlebih dahulu gaya hidup yang benar dan gaya hidup yang salah sebelum Anda menyimpulkannya. Gaya hidup itu bermacam-macam dan bisa berhubungan dengan Cara Kerja, Cara menyalurkan hobi, Cara bersosialisasi, Cara memilih makanan dan lainnya.

Jika Anda berfikir "Tidak ada yang salah dengan gaya hidup saya", karena saya menghabiskan seluruh waktu hanya untuk bekerja. Kembali lagi apakah Anda memikirkan pemilihan makanan dan minuman yang sehat saat ditempat kerja? Apakah Anda memiliki waktu cukup untuk olahraga sejenak mencairkan otak dan melenturkan tubuh? Apakah Anda mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat? Jadi disini pengertian gaya hidup yang benar adalah adanya keseimbangan antara aktifitas Anda, olahraga Anda, hobi Anda dengan pemilihan makanan atau minuman sehat serta waktu istirahat yang cukup.

Beberapa orang dalam bekerja selalu membawa minyak angin dan mengoleskannya di bagian kepala atau seringnya minum obat sakit kepala, artinya ada yang salah dengan pola kerja atau aktifitas Anda sebelumnya. Keadaan seperti ini dapat sangat cepat menurunkan kualitas otak kedepannya.

Tujuan meningkatkan kualitas otak.

Disini diharapkan bagi yang sudah mengetahui cara meningkatkan kualitas otak dapat mengingat kembali cara tersebut dan memperoleh manfaatnya agar lebih maksimal. Kemudian untuk yang belum mengetahui caranya dapat memperoleh manfaat lain setelah mencobanya.

Mencoba sesuatu yang baru dapat membuka peluang lain untuk kualitas Anda kedepannya.

Sampai disini mari kita langsung mencoba cara jitu meningkatkan kualitas otak kita.

1. Melatih kerja Otak.

Beberapa penelitian mengatakan untuk melatih otak agar lebih baik kualitasnya dengan bermain game. Untuk sebagian anak-anak dan remaja bermain game adalah hal yang biasa. Mereka sangat antusias dengan perkembangan game. Mencoba game-game baru yang ada sesuai dengan hobi mereka dan ini sangat bagus di lakukan untuk memancing motorik kerja otak. Tetapi kembali disini keseimbangan juga musti tetap terjaga. Jika game tersebut hampir menyita 80% waktu Anda selama 24 jam artinya aktifitas Anda salah. Beberapa akibat yang timbul seperti nyeri pada tangan, punggung dan leher dapat menggangu kesehatan nantinya.
melatih kerja otak dengan brain game
illustrasi melatih kerja otak - Designed by Riri /Ben iPages

Bagaimana dengan yang sudah berumur? Sebaiknya melakukan hal yang sama, dengan meluangkan waktu sejenak dengan memilih game berkategori "Brain Game" seperti Puzzle, Tebak Kata, Tebak Gambar atau memilih game dengan kategori "Education Game" untuk dapat tetap menjaga kualitas otak Anda. (Untuk contoh beberapa game dengan kategori "Brain game" ini akan saya bahas khusus pada postingan selanjutnya).

2. Makan makanan untuk otak.

Kita semua mengetahui bahwa diet alami dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita. Otak kita memerlukan asupan makanan yang dapat merangsang kerjanya agar lebih baik. Kita juga dapat mengetahui ada banyak penelitian untuk sejumlah makanan tertentu dapat memperlambat penurunan otak. Beberapa topping makanan yang dapat meningkatkan otak adalah makanan yang mengandung Omega3, DHA dan EPA yang berkaitan dengan resiko Dimentia yang lebih rendah dengan fokus dan daya ingat yang lebih baik. Tetapi kebanyakan sebagaian orang hanya memilih minyak ikan saja untuk menambah peningkatan fungsi otak tersebut.
mengkonsumsi makanan untuk otak atau brain food
illustrasi makanan untuk otak - Designed by Riri /Ben iPages

3. Melakukan Aktifitas berfariasi.

Sebagian besar orang sudah melakukan aktifitas dengan kecendrung mengutamakan aktifitas fisik. Aktifitas seperti olahraga memberikan kekuatan untuk tubuh tanpa berfikir untuk merangsang otak agar bisa seimbang dengan kekuatan tubuh. Illustrasi contoh disini, jika Anda orang yang suka melatih otot kaki dengan berlari, sebaiknya sekali-kali Anda membawa bola kecil untuk dilempar dan menagkapnya sambil berlari. Lebih baik lagi dengan menantang tubuh dan otak Anda bersamaan dengan cara fariasikan olahraga lain yang belum pernah Anda coba lakukan.

Aktifitas olahraga lain seperti Gym, Aerobic baik untuk dilakukan, tetapi jika Anda tidak memfariasikan kelas lain untuk fungsi otak Anda seperti menghafal bacaan, lirik lagu, puisi atau bisa juga menghafal kitab sesuai dengan agama yang diyakini. Aktfitas fariasi seperti ini bagus dilakukan untuk menambah fungsi dari otak. Selain itu, ada cara lain untuk hafalan yang lebih mudah untuk dilakukan bagi sebagian wanita. Dengan rutin belanja kepasar atau ke mall dengan keinginan membeli minimal 15 item tersebut dan bisa hafal tanpa membawa catatan dikertas artinya kualitas otak masih berfungsi dengan baik.
melakukan aktifitas berfariasi atau brain activity
illustrasi melakukan aktifitas berfariasi - Designed by Riri /Ben iPages

Selain olahraga aktifitas lain juga musti dikembangkan. Jika aktifitas Anda sebagai pedagang online, memasarkan produk melalui internet setiap hari. Biasanya lupa memfariasikan cara berdagang agar lebih maksimal penjualannya. Gambar produk yang sama setiap hari tanpa mencoba membuat fariasi produk yang berbeda yang dapat menambah daya tarik dalam berjualan. Cobalah mendesign ulang gambar dari produk tersebut agar terlihat lebih fresh dan menarik. Kegiatan design atau foto ulang sebuah produk juga dapat menambah rangsangan yang baik untuk otak Anda. Pemilihan material design dan kombinasi warna akan menambah kreatifitas untuk otak dapat bekerja lebih baik.

4. Kurangi kadar stres.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk mengurangi kadar stres, salah satunya adalah menjadi bagian dari team sukarelawan. Beberapa penelitian menunjukan dimana menjadi bagian dari sesuatu yang bersifat sukarela dapat menurunkan kadar stres dan sekaligus meningkatkan kualitas otak. Menjadi sukarelawan akan melupakan sejenak kegiatan Anda bersifat money oriented yang kadang membuat Anda berpacu dengan waktu dan menjadikan Anda stres. Lakukan perbuatan-perbuatan baik, menjadi penolong sesama, melihat orang yang membutuhkan Anda menjadi lebih baik akan berimbas pada sugesti positif bagi kualitas otak Anda selanjutnya.
mengurangi kadar stres atau reduce stress
illustrasi kurangi kadar stres - Designed By Riri /Ben iPages
Biasanya jika otak dalam keadaan stres Anda tidak dapat mengandalkan istirahat yang cukup seperti bisa tidur sesuai waktunya. Selain menjadi sukarelawan untuk mengurangi kadar stres dapat juga melakukan traveling bersama keluarga atau teman ke tempat yang Anda sukai. Mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah di kunjungi dapat menambah wawasan Anda untuk lebih dinamis di dalam otak.

Cara lain untuk mengurangi kadar stres dalam fikiran yaitu dengan beribadah dengan tulus dan ikhlas diluar  kebiasaan Anda sehari-hari. Berdoa dengan tulus tanpa motivasi mendapatkan imbalan lebih dengan meminta pertolongan kepada Pencipta setidaknya dapat mengurangi kadar stres dan mengembalikan fungsi otak dengan baik.

5.  Bersosialisasi.

Menyegarkan otak dengan bersosialisi sangat baik untuk dilakukan. Manusia adalah mahluk sosial yang hidupnya kadang membutuhkan pergaulan yang lebih luas. Dengan pergaulan diharapkan akan memperoleh pengalaman baru yang dapat menginspirasi atau memancing otak Anda untuk terus berkembang. Apalagi saat ini era digital berkembang pesat. Pergaulan tidak hanya sebatas antara teman-teman di sekitar rumah, sekolah atau tempat kerja. Begitu banyak media sosial yang menawarkan bentuk pertemanan seperti Facebook, Twitter dan lain-lain yang dapat dimanfaatkan memperoleh teman baru dan juga pengalaman baru.

bersosialisasi di grup sosial media
illustrasi berosisalisasi - Designed By Riri /Ben iPages

Dengan sosial media Anda dapat belajar untuk dapat menyaring informasi apakah benar atau tidak.Ambillah manfaat positif dan buang saja yang tidak berguna bagi kehidupan Anda. Dengan begitu kualitas otak Anda akan semakin baik dan terlatih untuk menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Ikuti juga beberapa group yang ada di sosial media tersebut sesuai dengan hobi yang Anda sukai. Banyak sekali group atau komunitas yang saat ini sudah eksis di sosial media. Walau berada di dunia maya tetapi tidak menutup kemungkinan akan ada event dimana saatnya bisa bertemu langsung dengan teman-teman baru komunitas tersebut.

Semoga artikel ini memberikan sedikit pencerahan cara jitu meningkatkan kualitas otak kita. Sampai jumpa di artikel lainnya. Salam.




About Mas Riri

Mulailah dari sesuatu yang kecil, terus menerus & serius melakukannnya karena keseriusan dan pantang menyerah adalah kombinasi yang sempurna untuk mencapai sebuah keinginan. My Quotes : "Make your shortcomings become a strong suit in the future."  Mas Riri.

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.